Halaman

Jumat, 24 Februari 2012

Bermain dengan Irrlicht 1.71, Blender 2.6x = Game 3D

Akhirnya, sya mulai merujuk pada game 3d, setidaknya mulai untuk bermain-main dengan coding 3d.
  1. Sebagai engine playground saya, saya memilih irrlicht 1.71 
  2. Untuk mengenal tentang transformasi, maupun pergerakan dalam dunia 3d, saya memilih menggunakan Blender 2.62 sebab kebenaran.. tutorial yang banyak saya temukan adalah tutorial untuk blender.. dan ada satu proyek add-on "irrb 0.6" yang bisa meng-export dari blender ke file "irr"
Beberapa istilah :
  • Irr merupakan file yang berisi layouting dari object-object untuk game yang kita rancang
  • Irrmesh merupakan file xml berbentuk text yang mendefinisikan suatu benda (mesh, cube, sphere, dst)
  • Irrbmesh, sama dengan irrmesh, hanya bentuknya adalah binary, menurut sang pembuat library ini, loading time irrbmesh dibanding dengan yang lain adalah yang paling cepat.. konon katanya demikian :)
Ok, untuk post ke depan, mungkin saya akan mulai posting tentang game programming (yep, my passion..) untuk bisa game programming ada baiknya kita menguasai dulu editor 3d, setidaknya menguasai basic dari editor yang kita pilih, untuk mengenal apa itu vertex, vertices, cull, depth of field, face, edge, concave, polygon, normals, vectors, global coordinate, local coordinate, physics, soft body, rigid, static, dand seterusnya.. untungnya mas brow.. :) ini semua bisa kita temukan di software tangguh nan open-source bernama blender, dan blender yang saya gunakan adalah versi 2.62 dan sesuatu yang bisa di kagumi, renderer engine codename : cycles (bila dipergunakan dengan baik dan benar) akan memberikan suatu hasil yang fantastis gituu.. reality..

Dibawah ini adalah skill2 dasar yang saya kejar sebagai arsenal untuk 3d game programming
  1. Irrlicht
    1. Loading Mesh
    2. Moving Objects
    3. Collision Detection
    4. Loading Scene
    5. Camera Manipulation
  2. Blender
    1. Material and Textures
    2. Baking Lightmap
    3. Dimensions
    4. Low Poly Modeling
Irrlicht sudah menyediakan contoh yang teratur dengan baik. Loading mesh, moving object, collision manager, dst bisa kita ikuti dengan mudah. Lumayan.. buat perkenalan pertama.. hha..

Menurut saya, yang hapalannya jauh lebih banyak, namun akan menjadi sedikit bila sering dipergunakan adalah menggunakan blender. Secara defacto untuk dapat menggunakan blender dalam kemampuan fullnya, maka kita harus hapal setidaknya shortcut2 dibawah ini :

**kadang kala, program doank suka jenuh juga.. salah satu untuk menghilangkan kejenuhan dan stress adalah dengan 'menyentuh' sisi 'art' kita.. and trust me my dear friends.. art will helps you reduce and even remove your stress or boredom

Mouse Operation
Action Result
Left-click Place 3D cursor
Ctrl+left-click (edit mode) Quick-extrude
Ctrl+left-click+drag Lasso selection
Right-click Select
Shift+right-click Add to selection
Alt+right-click (edit mode) Edge/Face loop select
Middle-click+drag Rotate view
Shift+middle-click+drag Pan view
Ctrl+middle-click+drag Zoom view

Numeric Pad Operation
Hotkey Description
1 Front view
Ctrl+1 Back view
2 Rotate view up
Ctrl+2 Pan view up
3 Left side view
Ctrl+3 Right side view
4 Rotate view left
Ctrl+4 Pan view left
5 Toggle perspective/orthographic view
6 Rotate view right
Ctrl+6 Pan view right
7 Top view
Ctrl+7 Bottom view
8 Rotate view down
Ctrl+8 Pan view down
9 Redraw screen
0 Camera view
Ctrl+Alt+0 Set camera to viewport
/ Toggle local view
. (dot/period) Zoom on selection
+ Zoom into view

Common Keyboard Shortcut
Hotkey Description
A Toggle select all/none
Alt+A Play animation in view
Shift+A Show Add menu
C Circle (Brush) select
Shift+D Duplicate
Alt+D Linked duplicate
E (edit mode) Extrude
F (edit mode) Create face/edge
G Grab/move
Alt+G Clear location
H Hide selected
Alt+H Reveal all
I Insert keyframe
Ctrl+J Join selected objects
L (edit mode) Select linked vertices
Shift+L (edit mode) Deselect linked vertices
M Move selection to layer
Ctrl+M Mirror selection
N Show Properties region
Ctrl+N New Blender session
Ctrl+N (edit mode) Calculate normals outside
O (edit mode) Proportional edit mode
P Run game engine
Ctrl+P Make parent
Alt+P Clear parent
R Rotate
Alt+R Clear rotation
S Scale
Alt+S Clear scale
U (edit mode) Unwrap mesh
V Toggle Vertex Paint mode
W (edit mode) Specials menu
Ctrl+W Save file
X Delete selection
Ctrl+Z Undo
Ctrl+Shift+Z Redo
Spacebar Show search menu
Shift+Spacebar Maximize window
Ctrl+Spacebar Toggle manipulator
Alt+Spacebar Change manipulator orientation
Tab Toggle Edit mode
Shift+Tab Toggle snapping
**Shortcut diatas diambil dari Blender for dummies

Wokeyh, segitu dulu ahh.. nanti kita sambung lagi ke arah blending.. lightmap, suatu teknik yang sering dipakai oleh programmer game supaya bisa minimalisir tenaga cpu yang dipakai sewaktu rendering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar