Halaman

Selasa, 03 Mei 2011

Begin to program - part 1

jadi? sudah siapkan jadi programmer?? mau jadi programmer yang seperti apakah coba? yang bisa baca koding doanks atau memang bisa desain program? atau yang multi fungsi? hhe apapun pilihan anda dan dimanapun anda sekarang, sudah merupakan posisi yang terbaik dari diri anda sendiri.

i love to program, but that doesn't means all of my live relies on it. ;)

okeh, sekarang tentang programming itu sendiri, buat saya pribadi untuk belajar programming secara otodidak, saya bagi pemahaman saya sendiri jadi 4 bagian penting untuk bisa membuat program, yakni :
  1. Variables
  2. Looping
  3. Conditional
  4. Functions / Sub-routines
cuman empot??? emapt??? whatt??
hhe iyah, inih menurut saya lho yah, belum tentu kata orang lain demikian, anywey.. mari kita mulai..

Variables

Variables apa yak? sederhana koqs, variabel adalah tempat kita menyimpan data-data yang kita perlukan, secara teknis, komputer itu adalah tempat untuk menyimpan data, mengolah data, kemudian menampilkannya, ini ide kenapa sampai disebut sebagai compute-er, yang melakukan komputasi, begitu..

nah variable ini sendiri bertugas untuk memetakan data kedalam dunia digital komputer, anggaplah variable ini sebagai sebuah piring, dan meja makan adalah komputernya, nah kalo piring isinya kan bisa macem-macem? ada yang isi kuah, ada yang isi gorengan, dan lain-lain, bahkan ada piring yang tujuannya hanya untuk sebagai alas saja, yakni alas untuk cangkir :)

Penuhnya piring di meja sudah menunjukkan bahwasanya ada pembatasan jumlah variable

pada saat artikel ini dibuat ada beberapa satuan untuk satuan memory, berikut ini adalah satuan-satuan untuk memory :
  1. bit
  2. byte
  3. page
lha memory?? tadi variable?? iyups, variabel adalah representasi manusia terhadap memory. contohnya, variabel bilangan bulat (seringkali disebut sebagai integer) dengan skala nilai mulai dari 0 sampai dengan 65535 menempati memory sebesar 2 byte

kalo dianalogikan kedalam meja dan piring tadi, variabel ini adalah piring, luasan piring adalah memory, dan meja sendiri adalah komputernya, got it? ;)

data di dunia komputer selalu diglobalisasi / di generalisasi dalam angka 0 dan 1, (bilangan biner yang itu tea..)

nah, demikianlah tentang variable, semoga ada kawan-kawan yang terbantu sedikit mengenai variable ini pada kesempatan berikutnya saya akan mengupas tiga hal berikutnya (looping, conditional, dan functions) ;)

have a great and blessed day everyone!
JLU!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar