- Sebagai engine playground saya, saya memilih irrlicht 1.71
- Untuk mengenal tentang transformasi, maupun pergerakan dalam dunia 3d, saya memilih menggunakan Blender 2.62 sebab kebenaran.. tutorial yang banyak saya temukan adalah tutorial untuk blender.. dan ada satu proyek add-on "irrb 0.6" yang bisa meng-export dari blender ke file "irr"
- Irr merupakan file yang berisi layouting dari object-object untuk game yang kita rancang
- Irrmesh merupakan file xml berbentuk text yang mendefinisikan suatu benda (mesh, cube, sphere, dst)
- Irrbmesh, sama dengan irrmesh, hanya bentuknya adalah binary, menurut sang pembuat library ini, loading time irrbmesh dibanding dengan yang lain adalah yang paling cepat.. konon katanya demikian :)
Ok, untuk post ke depan, mungkin saya akan mulai posting tentang game programming (yep, my passion..) untuk bisa game programming ada baiknya kita menguasai dulu editor 3d, setidaknya menguasai basic dari editor yang kita pilih, untuk mengenal apa itu vertex, vertices, cull, depth of field, face, edge, concave, polygon, normals, vectors, global coordinate, local coordinate, physics, soft body, rigid, static, dand seterusnya.. untungnya mas brow.. :) ini semua bisa kita temukan di software tangguh nan open-source bernama blender, dan blender yang saya gunakan adalah versi 2.62 dan sesuatu yang bisa di kagumi, renderer engine codename : cycles (bila dipergunakan dengan baik dan benar) akan memberikan suatu hasil yang fantastis gituu.. reality..
- Irrlicht
- Loading Mesh
- Moving Objects
- Collision Detection
- Loading Scene
- Camera Manipulation
- Blender
- Material and Textures
- Baking Lightmap
- Dimensions
- Low Poly Modeling
Irrlicht sudah menyediakan contoh yang teratur dengan baik. Loading mesh, moving object, collision manager, dst bisa kita ikuti dengan mudah. Lumayan.. buat perkenalan pertama.. hha..
Menurut saya, yang hapalannya jauh lebih banyak, namun akan menjadi sedikit bila sering dipergunakan adalah menggunakan blender. Secara defacto untuk dapat menggunakan blender dalam kemampuan fullnya, maka kita harus hapal setidaknya shortcut2 dibawah ini :
**kadang kala, program doank suka jenuh juga.. salah satu untuk menghilangkan kejenuhan dan stress adalah dengan 'menyentuh' sisi 'art' kita.. and trust me my dear friends.. art will helps you reduce and even remove your stress or boredom
Mouse Operation
Action | Result | |
---|---|---|
Left-click | Place 3D cursor | |
Ctrl+left-click (edit mode) | Quick-extrude | |
Ctrl+left-click+drag | Lasso selection | |
Right-click | Select | |
Shift+right-click | Add to selection | |
Alt+right-click (edit mode) | Edge/Face loop select | |
Middle-click+drag | Rotate view | |
Shift+middle-click+drag | Pan view | |
Ctrl+middle-click+drag | Zoom view |
Numeric Pad Operation
Hotkey | Description |
---|---|
1 | Front view |
Ctrl+1 | Back view |
2 | Rotate view up |
Ctrl+2 | Pan view up |
3 | Left side view |
Ctrl+3 | Right side view |
4 | Rotate view left |
Ctrl+4 | Pan view left |
5 | Toggle perspective/orthographic view |
6 | Rotate view right |
Ctrl+6 | Pan view right |
7 | Top view |
Ctrl+7 | Bottom view |
8 | Rotate view down |
Ctrl+8 | Pan view down |
9 | Redraw screen |
0 | Camera view |
Ctrl+Alt+0 | Set camera to viewport |
/ | Toggle local view |
. (dot/period) | Zoom on selection |
+ | Zoom into view |
Common Keyboard Shortcut
Hotkey | Description |
---|---|
A | Toggle select all/none |
Alt+A | Play animation in view |
Shift+A | Show Add menu |
C | Circle (Brush) select |
Shift+D | Duplicate |
Alt+D | Linked duplicate |
E (edit mode) | Extrude |
F (edit mode) | Create face/edge |
G | Grab/move |
Alt+G | Clear location |
H | Hide selected |
Alt+H | Reveal all |
I | Insert keyframe |
Ctrl+J | Join selected objects |
L (edit mode) | Select linked vertices |
Shift+L (edit mode) | Deselect linked vertices |
M | Move selection to layer |
Ctrl+M | Mirror selection |
N | Show Properties region |
Ctrl+N | New Blender session |
Ctrl+N (edit mode) | Calculate normals outside |
O (edit mode) | Proportional edit mode |
P | Run game engine |
Ctrl+P | Make parent |
Alt+P | Clear parent |
R | Rotate |
Alt+R | Clear rotation |
S | Scale |
Alt+S | Clear scale |
U (edit mode) | Unwrap mesh |
V | Toggle Vertex Paint mode |
W (edit mode) | Specials menu |
Ctrl+W | Save file |
X | Delete selection |
Ctrl+Z | Undo |
Ctrl+Shift+Z | Redo |
Spacebar | Show search menu |
Shift+Spacebar | Maximize window |
Ctrl+Spacebar | Toggle manipulator |
Alt+Spacebar | Change manipulator orientation |
Tab | Toggle Edit mode |
Shift+Tab | Toggle snapping |
Wokeyh, segitu dulu ahh.. nanti kita sambung lagi ke arah blending.. lightmap, suatu teknik yang sering dipakai oleh programmer game supaya bisa minimalisir tenaga cpu yang dipakai sewaktu rendering
Tidak ada komentar:
Posting Komentar